Kamis, 23 Februari 2017

PERAN TIK DALAM BIDANG KEHIDUPAN

Peranan Dan Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi 

Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah dan menyampaikan informasi. TIK telah menjadi pasilitator dalam kegiatan-kegiatan pendidikan, perdagangan, pemerintahan,hiburan dan lain sebagainya.
TIK juga sangat berperan dalam penyebaran berita-berita dari seluruh penjuru dunia.Dan secara garis besar,peran TIK adalah pengolahan informasi yang lebih akurat,lebih mudah dan lebih aman.
Beberapa peranan TIK dalam segala aspek kehidupan antara lain :
• Meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh
• Mengembangkan perdagangan melalui e-comerce
• Melestarikan kebudayaan
• Mengembangkan kemampuan
• Menunjang pertanian
• Meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat
Teknologi informasi dan telekomunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan dan sosial.
Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi antara lain:
Peranan TIK dalam dunia pendidikan
Berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat. Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi pelajar antara lain :
• Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
• Memperoleh sumber ilmu pengetahuan dengan mudah
• Akses ke para ahli lebih mudah karena tidak dibatasi jarak dan waktu
• Materi pelajaran dapat disampaikan interaktif dan menarik
• Melalui belajar jarak jauh dapat menghemat biaya dan waktu.
Keuntungan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan bagi penyelenggara pendidikan antara lain :
• Dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga pendidikan lain
• Dapat memberi layanan lebih baik ke peserta didik
• Dapat menjangkau peserta didik yang tempatnya sangat jauh
• Melalui perpustakaan online, dapat menekan biaya untuk menyediakan buku.
• Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain.
Keuntungan TIK Lainnya dalam bidang pendidikan :
  1. Dapat memperoleh informasi tentang bahan-bahan pelajaran yang interaktif.
  2. Dapat melakukan E-Learning, yaitu pembelajaran jarak jauh secara online.
  3. Berbagi informasi dan hasil penelitian.
  4. sebagai media konsultasi dengan para pakar
  5. Perpustakaan Online
  6. Diskusi online
  7. Kelas online
Bidang Kesehatan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
Peranan TIK dalam bidang pemerintahan E-government (electronic government)
Tujuan E-government adalah untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak-pihak lain. Bentuk-bentuk hubungan pemerintahan dalam pemanfaatan TIK antara lain :
1. G2C (government to citizen), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan masyarakat luas, misalnya melayanai kependudukan dan administrasi.
2. G2B (government to business), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan dunia usaha, misalnya pengurusan izin usaha, permintaan data statistik yang dibutuhkan pengusaha, dan sebagainya.
3. G2G (government to government), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan lembaga pemerintah lain, departemen lain, pemerintah diatas atau dibawahnya, dan sebagainya.
Pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintahan memiliki keuntungan antara lain :
1. Meningkatkan layanan kepada masyarakat. Masyarakat dapat dilayani kapan saja tanpa harus menunggu kantor buka.
2. Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi mudah diperoleh.
3. Tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan yang benar dan dapat diberdayakan.
4. Meningkatkan transparansi pemerintahan
E-Government, digunakan untuk :
  1. Meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dan mempercepat proses-proses yang ada di pemerintahan sehingga meminimalkan birokrasi yang panjang.
  2. Mempercepat pengumpulan informasi dan pelaporan sehingga menjadi lebih efisien dan efektif.
  3. Meningkatkan hubungan pemerintah dengan masyarakat, dunia usaha dan dengan pemerintah lain.
  4. Meningkatkan transparansi (keterbukaan) dalam pemerintahan.
  5. Mendorong proses demokrasi.
Bidang Dunia Usaha
  1. Mengembangkan perdagangan melalui E-Commerce, yaitu perdagangan yang dilakukan secara online dengan menggunakan internet sehingga seseorang yang melakukan transaksi tidak harus bertemu langsung dengan penjual. Fungsi dari E-Commerce adalah untuk promosi usaha dan penjualan barang. Pembayarannya dapat dilakukan dengan menggunakan Internet Banking, SMS Banking dan transfer.
  2. Membuka peluang bisnis baru
Bidang Perbankan
  1. Dapat melakukan semua transaksi perbankan melalui ATM           (Automatic Machine).
  2. Dapat melakukan transaksi melalui internet banking, sms banking dan phone banking.
Bidang Sosial Budaya
  1. Promosi Pariwisata
  2. Memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat         Indonesia dan masyarakat luar negeri.
  3. Menciptakan lapangan pekerjaan.
  4. Menciptakan lapangan pekerjaan.
Bidang Jasa Pengiriman
Peralatan Tik digunakan untuk memudahkan proses penyampaian informasi serta komunikasi secara tepat cepat, akurat. efesiensi waktu dan terjamin keamanannya.
Manfaat TIK dalam jasa pengiriman
  1. dalam melakukan penyampaian pesan lebih cepat dan aman dengan memanfaatkan fasilitas internet ; seperti Email, dan chatting.
  2. dalam jasa pengiriman berupa barang memudahkan perusahan dalam layanan jasa pengiriman seperti ; TIKI, JNE , DHL untuk melakukan pengadministrasian bagi barang yang akan dikirimkannya. serta untuk konsumen merasakan aman atas barang yang dikirim nya, karena dapat ditrace secara real time (online)
Bidang Olah Raga
Digunakan untuk menampilkan tayangan serta informasi tentang olah raga melalui berbagai media informasi baik yang bersifat internasional maupun nasional, seperti ; siaran langsung sepak bola piala dunia yang dilaksanakan diluar negeri dapat kita saksikan tanpa harus ke luar negeri.
Bidang Industri Rekaman
Digunakan untuk membantu para pekerja televisi dan rumah produksi serta studi rekaman untuk melakukan kegiatan pekerjaan dengan memanfaatkan TIK, seperti untuk mengambil rekamana, mengedit hasil rekaman dan memproduksi hasil rekaman itu sendiri.
Dampak Negatif  TIK
Perkembangan teknologi terjadi demikian pesatnya dan bisa dinikmati oleh hampir semua masyarakat secara merata.Tidak jarang kita temukan disekitar kita orang yang memiliki computer,laptop,dan berbagai peralatan canggih lainnya.Kesemuanya itu adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Namun satu hal yang harus kita ingat bahwa semakin tinggi intelektual seseorang,semakin tinggi pulakejahatan yang akan terjadi.Bagi sebagian orang internet justru banyak disalah gunakan,bukannya digunakan sebagai saran ainformasi melainkan hanya untuk hiburan belaka.Dan tidak sedikit juga yang justru menyalah gunakannya sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan yang menyebabkan kerugian bagi orang lain yang terkenal dengan istilah cyber crime. 
Perkembangan teknologi terjadi demikian pesatnya dan bisa dinikmati oleh hampir semua masyarakat secara merata.Tidak jarang kita temukan disekitar kita orang yang memiliki computer,laptop,dan berbagai peralatan canggih lainnya.Kesemuanya itu adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Namun satu hal yang harus kita ingat bahwa semakin tinggi intelektual seseorang,semakin tinggi pulakejahatan yang akan terjadi.Bagi sebagian orang internet justru banyak disalah gunakan,bukannya digunakan sebagai saran ainformasi melainkan hanya untuk hiburan belaka.Dan tidak sedikit juga yang justru menyalah gunakannya sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan yang menyebabkan kerugian bagi orang lain yang terkenal dengan istilah cyber crime.
Secara ringkas ciber crime didifinisikan sebagai perbuatan melawan hokum yang dilakukan dengan menggunakan teknologi canggih.Dalamperkembangannya sendiri menimbulkan istilah-istilah bagi para pelakunya
Dampak Negatif Penggunaan TIK
  1. Mempermudah masuknya nilai-nilai budaya asing yang negatif.
  2. Mendorong tindakan konsumtif dan pemborosan dalam masyarakat.
  3. Tayangan yang dapat mendorong kekejaman dan kesadisan.
  4. Memperluas perjudian.
  5. Penyebaran virus.
  6. Pornografi.
  7. Ketergantungan
  8. Pelanggaran Hak Cipta, yaitu pembajakan software, lagu, , dsb.
  9. Cybercrime, yaitu kejahatan dengan menggunakan media Komputer dan internet (kejahatan dunia maya)
  10. Dampak negatif pada kesehatan
Bentuk-bentuk Cybercrime antara lain :
1.       Cracker : mencuri informasi, melakukan berbagai macam kerusakan dan  melumpuhkan keseluruhan sistem komputer. Orang yang melakukan tindakan Cracker disebut Hacker.
  1.  2.       Hacker adalah orang yang melakukan penjelajahan dan menyelusup ke situs orang lain tetapi tidak melakukan tindakan pengerusakan apapun,tidak melakukan pencurian atau mencuri informasi3.       Unauthorized acces : memasuki komputer dan jaringan komputer tanpa ijin.
    4.       Illegal Content : memasukan informasi dan data-data ke internet yang tidak benar dan melanggar norma yang berlaku yang dapat merugikan orang lain.
    5.       Phising : kejahatan untuk mengecoh orang agar memberikan data-data pribadinya ke situs yang sudah disiapkan oleh pelaku.
    6.       Carding : penipuan dengan menggunakan kartu kredit atas nama orang lain untuk melakukan transaksi secara online di internet.
    7.       Cyber sabotage and extortion : kejahatan dengan merusak dan menghancurkan data-data , program dan jaringan milik orang lain dengan menggunakan virus atau program tertentu yang dapat merusak.
    8.       Infringement of Privacy : kejahatan untuk mendapatkan informasi milik orang lain yang bersifat pribadi dan rahasia.
    9.        Offense Against intellectual property : kejahatan dengan menggunakan hak kekayaan atas intelektual yang di miliki orang lain di internet.
    10.   Cyber Espionage : kejahatan dengan memasuki jaringan komputer milik orang lain atau negara lain guna memata-matai. dan Data Forgery : kejahatan dengan cara memasukkan data-data yang tidak benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar