Kamis, 23 Februari 2017

Keuntungan TIK Dan Kerugian TIK Dalam Bidang Transportasi

Keuntungan TIK Dan Kerugian TIK Dalam Bidang Transportasi

- Manfaat Untuk Transportasi Udara :


1. Memungkinkan Pesawat untuk mendarat dan lepas landas dengan aman.
2. Adanya Self – Service Check In,Untuk Menghindari Antrian Pesawat


- Manfaat Untuk Transportasi Darat :
1. Adanya GPS ( Global Positioning System ) Yang telah membantu pengemudi kendaraan bermotor di darat untuk menunjukkan arah.
2. Adanya pengaturan lalu lintas kereta untuk menentukan jalur yang harus dilalui kereta sehingga mengurangi resiko kecelakaan.
3. Kelancaran lalu lintas transportasi darat terbantu dengan penggunaan lampu pengatur lalu lintas.Komputer dapat mengarahkan pergantian warna lampu pengatur lalu lintas sesuai dengan kondisi lalu lintas disekitarnya

- Manfaat Untuk Transportasi Laut :

1. Sistem navigasi kapal Laut sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat.

Kerugian TIK Dalam Bidang Transportasi

1. Jika Sistem Air Traffic Control Kacau, Pesawat Akan Saling Bertabrakan Satu Sama Lain
2. Jika Sistem Navigasi Di Dalam Kapal Rusak, Kapal Akan Tersesat
3. Jika Sistem Lampu Pengatur Lalu Lintas Rusak, Jalanan Akan Kacau

Semoga Bermanfaat^^

peran tik dalam pemerintahan

     Peran TIK dalam Bidang Pemerintahan

  Penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain disebut e-government. Penggunaan hubungan ini dapat dibedakan menjadi 3 bentuk, yaitu:
  • G2C (Government to citizen), yaitu hubungan antara pemerintah dengan masyarakat.
  • G2B (Government to bussines), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pengusaha.
  • G2G (Government to Government), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pemerintah.
Konsep e-government, mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh pemerintahan, misalnya dengan menggunakan jaringan internet. E-government dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan penduduk, pemerintah dengan bisnis, dan kegiatan lainnya.

Selain manfaat dalam bidang pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi juga bermanfaat dalam bidang pemerintahan antara lain seperti berikut:
  • Meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat, kerena informasi dapat lebih mudah untuk diperoleh.
  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aparat pemerintah dengan adanya transparansi kegiatan pemerintah.
  • Meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, yaitu masyarakat dapat dilayani kapan-pun dan dimana-pun, tanpa memandang jam buka kantor, dan bahkan tanpa perlu datang ke kantor pemerintahan.
  • Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat melalui internet, sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar.
  • Hilangnya birokrasi yang selama ini seolah-oleh menjadi penghalang bagi masyarakat dalam berhubungan dengan pemerintah, sehingga pelaksanaan pemerintahan menjadi lebih efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar