Jumat, 24 Februari 2017

belajar komputer sendiri

MICROSOFT OFFICE 2007

Aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office sekarang ini banyak di perlukan untuk membantu menyelesaikan masalah perkantoran sepertipembuatan arsip, surat menyurat, laporan dan lain - lain.

Sebenarnya Microsoft Office ini cara kerjanya hampir sama dengan versi sebelumnya akan tetapi versi 2007 lebih praktis dalam menggunakannya.  

Sistem operasi Microsoft Office 2007 juga sama dengan versi sebelumnya yaitu sistem Microsoft Windows dan Mac OS X. 

Aplikasi yang sering digunakan didalamnya juga sama dengan versi sebelumnya dimana diantaranya yaitu Microsoft Word, Excell dan Power Point. 
Nah bagi anda yang sudah menguasai versi sebelumnya tentulah tidak terlalu sulit mempelajari dan menjalankannya, tapi bagi anda yang pemula jangan berkecil hati, karena dalam mempelajari aplikasi komputer itu mengasikkan asalkan ulet dan tekun pasti bisa.

MICROSOFT OFFICE 2003


Microsoft Office

 Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Microsoft Word, Excell dan Power Point.

A. Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
  1. Jenis huruf
  2. Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
  3. Pembuatan Numbering
  4. Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
  5. Pembuatan Outline
  6. Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
  7. Pemakaian Break Section
  8. Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
  9. Penomoran Halaman
  10. Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
  11. Pembuatan Daftar Tabel
  12. Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
  13. Pembuatan Daftar Isi
  14. Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
  15. Editing dengan Document Map
  16. Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat) 
    Dikutip dari :  http://imegawan.wordpress.com
B. Microsoft Excell 

Setiap kita pasti mengenal microsoft excel, yaitu sebuah perangkat lunak yang biasa digunakan dalamperhitungan statistik dan lainnya. 
Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya.
Kita dapat dengan mudah membuat rencana penggunaan barang misalnya, ataupun membuat laporan keuangan khusus yang memerlukan perhitungan2 tertentu serta dengan menampilkan gambar dan grafik. Maka semua itu dapat di selesaikan dengan microsoft Excel.

Untuk lebih mengenalnya, berikut beberapa istilah dalam Microsoft Excel :
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter     (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A46 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7

Selain itu, ada juga beberapa Fungsi yang sering digunakan didalam microsoft Excell,diantaranya adalah sebagaiberikut : 

1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)

3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih

6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)

7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)

C. Microsoft Power Point 
Tujuan power point
LordArea-Presentasi memiliki beberapa tujuan. Tujuan presentasi akan sangat menentukan bagaimana kita akan melakukan dan mendesain presentasi. Tujuan presentasi tersebutadalah sebagai berikut::
  1. Menginformasikan : presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepadaorang lain. Presentasi semacam ini sebaiknya menyampaikan informasi secaradetail dan jelas (clear) sehingga orang dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah presepsi terhadap informasi yang diberikan tersebut
  2. Meyakinkan : presentasi berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusunsecara logis sehingga menyakinkan orang atas suatu topik tertentu. Kondradiksidan ketidakjelasan informasi dan penyusunan yang tidak logis akan mengurangikeyakinan orang atas presentasi yang diberikan
  3. Membujuk : presentasi yang berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusunsecara logis agar orang mau melakukan suatu aksi/tindakan. Presentasi dapat berisi bujukan, atau rayuan yang disertai dengan bukti-bukti sehingga orangmerasa tidak ragu dan yakin untuk melakukan suatu tindakan
  4. Menginspirasi : presentasi yang berusaha untuk membangkitkan inspirasi orang
  5. Menghibur : presentasi yang berusahan untuk memberi kesenangan pada orangmelalui informasi yang diberikan.
PowerPointmerupakan salah satu media untuk menyampaikan presentasi.PowerPointdapat merupakan bagian dari keseluruhan presentasi maupun menjadi satu-satunya sarana penyampaian informasi.PowerPointsebagai pendukung presentasimisalnya adalahPowerPointsebagai alat bantu visual dalam presentasi oral.PowerPoint dapat pula menjadi media utama penyampaian presentasi, misalnya pada presentasi produk/iklan mini, profil perusahaan, dan presentasi online. Presentasi semacam inidapat disertai dengan narasi dan ilustrasi suara, musik, atauvideoyang dimainkan padasaat presentasi.
Keunggulan MS PowerPoint
PowerPointmemiliki beberapa keunggulan dibandingkan program lain, antara lainsebagai berikut::
  1. Menyediakan banyak pilihan media presentasi 
          o  Overhead Tranparacies (Tranparansi Overhead): menggunakan slide proyektor 
              atau OHP,
          o  Slide Show Presentation (Presentasi Slide Show): menggunakan LCDatau InFocus,
          o  Online Presentation (Presentasi Online): melalui internet atau LAN,
          o  Print Out dan Handout : presentasi dicetak dan dibagikan pada peserta. 
     2. Presentasi Multimedia: kita dapat menambahkan berbagai multimedia pada slide 
         presentasi, seperti : clip art, picture,gambar animasi(GIF dan Flash), background 
         audio/music¸narasi,movie(video klip) 
     3. Pemaketan slide presentasi ke dalam CD.PowerPoint 2003memiliki fasilitasuntuk  
         memaket slide presentasi ke dalam CD. Presentasi ini dapat ditampilkan langsung 
         (autorun) dan masih dapat ditampilkan walaupun tidak terinstall programPowerPoint.
     4. Modus Slide Show yang lengkap.Fungsi dari masing-masimg toolbar 
     5. Mengenal Fungsi Menu Ms PowerPoint 

      Secara umum menu dalam Ms PowerPoint dikelompokkan dalam 3kategori, yaitu Pulldown 
      menu, toolbar dan takspane.
        
 Pulldown Menu Terdiri atas : 
           a. File : Berisi kumpulan perintah standar yang berlaku untuk seluruhdokumen 
           b.Edit : Berisi perintah-perintah pengeditan dokumen
     6. View : Berisi perintah pengaturan tampilan menu-menu aplikasi
          a.  Insert : Berisi perintah-perintah untuk menyisipkan slide serta objek- objek presentasi.
          b. Format : Berisi perintah untuk mengatur teks, layout presentasi, serta background.
          c. Tools : Berisi perintah pengaturan menu, pemeriksaan ejaan, dan pemilihan bahasa
     7.  Slide Show : Berisi perintah pengaturan transisi antar slide, animasi dll.
     8.  Window : Berisi fasilitas untuk  membuka beberapa dokumen presentasi dan antar 
          dokumen.
     9.. Help : Berisi fasilitas bantuan / petunjuk penggunaan MS Power Point secara interaktif
 Toolbar
Bagian ini berisi tombol-tombol bergambar (ikon) yang memilki fungsimasing-masing. Toolbar dalam MS PowerPoint terbagi menjadi 3 tipe,yaitu Standar toolbar, Formatting toolbar, dan Drawing toolbar.
a.Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumensecara menyeluruh. b. Formatting toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada   
    dokumen aktif. 
c. Drawing toolbar berisi fasilitas untuk menggambar pada lembar kerja.
Taks Pane 
Taks pane merupakan jendela berisi perintah yang melengkapi fungsi menu pada toolbar. 
  • Slide, Outline, dan Notes 
    Selain taks pane yang berisi menu, tampilan PowerPoint juga memuat pane (jendela) yang lain, diantaranya slide pane, notes pane, dan outline pane.
  •  Slide Pane (peaceholder) adalah area yang meliputi lembar kerja Anda.
  •  Notes Pane adalah jendela dibawah slide pane yang berfungsi untuk memberikan catatan kecil bila perlu 
  • Outline merupakan jendela yang memperlihatkan keseluruhan isilembar kerja, tidak hanya satu slide saja
 Tampilan Slide
  • Normal View, memperlihatkan tampilan editing dimana Anda dapatmenulis/mengedit dokumen presentasi.
  • Slide sorter view adalah tampilan multi slide dalam bentuk thumbnail.Dalam tampilan ini anda dapat mengatur urutan slide dengan cara dragand drop
  • Slide Show Tampilan slide show merupakan tampilan full screen presentasi.Dalam tampilan ini semua efek dan komponen animasi dimainkan. Jadi,tampilan pada slide show merupakan tampilan akhir presentasi.13.Efek animasimerupakan salah satu kelebihanPowerPointTidak kurang dari 203 efek animasi yang tersedia.Efek animasi ini dapat diterapkan pada objek teks, grafik, gambar, garis dan shape. Penggunaanefek animasi yang tepat dan efektif dapat membantu keberhasilan presentasi. Namun, penggunaan efek animasi yang berlebihan justru akan mengacaukan presentasi. Penggunaan efek animasi dalam desain presentasi harus benar-benar efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar